Sunday, September 21, 2014

Mengurus visa Romania

Bismillahirrahmanirrahiim....

Kali ini aku mau berbagi cerita pengalaman yang (mungkin) tidak terlupakan.
Can't you imagine this words : a girl, Europe, alone?
Bisa bayangin kan betapa susahnya minta izin ke orang tua? Awalnya aku akan pergi berdua sama teman Malaysia (FFUP UNPAD) ke Romania, tepatnya di Cluj Napoca di tanggal 18 Agustus-10 September 2014.
Ya udah persiapan dimulai dari :
1. Pesan tiket pesawat
2. Bikin timeline mau sekalian ngunjungi negara ini dan ini
3. dll
Akhirnya dipesanlah tiket pesawat Air France dengan negara transit di Amsterdam (5 jam) dan Perancis (20 jam). Senangnya bukan main readers seperti setali tiga uang. Tujuan utamanya SEP (Students Exchange Programme) di Romania.
Udah ngebayangin akan mampir ke negara-negara tersebut (aku udah sampai searching kendaraan+biaya pas di negara transit).
Lanjut bikin visa. Jengjeeenngg ini pengalaman pertama bikin visa. Mau bikin visa Romania dan Schengen (karena mau mampir di Amsterdam n Perancis).
Dianterin sama papa ke Kedubes Romania pertamanya, dan keduanya sama adek cowok (ada file yang kurang, jadinya balik lagi). Sayang yaaa Romania ga termasuk ke visa Schengen (sekali bikin visa ini, bisa bebas masuk 25 negara loohh).
Sebenarnya English aku ga yang aktif-aktif banget, but i love challenges :D
Sampai di kedubes dikirain akan dilayani sama orang Indonesia (iya betul, tapi itu satpam aja), ternyata sama bule langsung. Mati kutu!
Pede aja pokoknya. Hahaha *nekat
Bule yang ngelayaninya agak-agak judes gitu deh, tapi ada 1 bule lagi (asistennya) baeeekkk banget, ramah.
Nah agak sedikit was-was nih. Banyak yang bilang untuk foto visa negara Eropa harus "kelihatan telinga". Walaahh aku kan pake kerudung. Pokoknya ga mau sampe kelihatan telinga. Kalo ga dibolehkan pake kerudung, my final choice is i won't to go for SEP. That's it.
Finally, alhamdulillah ternyata ga disyaratkan begitu kok readers :)



Pengurusan visa ini di Jakarta, dan lagi di saat-saat aku menyusun skripsi dan menuju sidang. Amazing lah pokonya untuk bagi waktu dan konsentrasinya (fiuuh). Selain itu aku juga (masih) disibukkan dengan pesanan kerudung yang aku produksi sendiri (alhamdulillah banyak yang suka).
InsyaAllah jika readers sungguh-sungguh untuk mencapai sesuatu, pasti Allah akan sangat sangat banyak membantu. Pada prosesnya, Allah menguji prasangka kalian ke Allah, untuk hasilnya serahkan pada-Nya :)


3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Kak, jelasin juga tahapan bikin visa dan syarat2 apa aja yg harus dipenuhi buat bikin visa ke Romania dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahapan bikin visanya bisa liat di web kedubes romania. Di situ ada banyak pilihan jenis visa + persyaratan2 yang harus dipenuhi, Tinggal ikutin aja syarat2nya.
      kalo persyaratannya udah siap, nanti dikasihin ke kedubes romania dan akan ditanya2 sedkit sama petugasnya (bule)

      Delete