Thursday, September 14, 2017

USG 4D baby FNM

Bismillah...
Kali ini saya akan menuliskan pengalaman USG 4D baby FNM. Kehamilan anak pertama sudah memasuki 33 weeks. Alhamdulillah sampai saat ini debay sehat dan normal. Semoga pas hari H berat badannya normal juga ya biar bias lahiran normal :)
Sebelumnya cari-cari info dulu tempat USG 4D yang murah di Jakarta & Bandung. Kalo biaya di RS bisa sampai >800.000 (udah cari info-info sebelumnya). Alhamdulillah banyak yang comment dan kasih rekomendasi.
 
Berikut beberapa pilihannya (sebelumnya sudah saya telepon dulu beberapa kliniknya) :
1. Klinik Malaka
posisinya di depan Ramayana Klender. Harga : 270.000. Jadwal USG 4D hanya dari pagi (10.00 sampai pasien habis) dan lanjut lagi malam (19.00 sampai pasien habis), dari hari Senin-Sabtu. Dokter yang khusus 4D : (cuma ada) laki-laki. No telp : 021-8661-6675
 
2. Kehamilan Sehat Duren Sawit
posisinya ga jauh dari SMK 48 Buaran, Duren Sawit. Bisa masuk ke webnya untuk melihat jadwal dokter dan petunjuk arahnya : kehamilansehat.com. No telp : 021-2138-5404. Dokternya ada yang laki dan perempuan. Daftarnya langsung di tempat.
Jadwal dokter perempuan untuk 4D (selain itu jadwal dokter yang laki-laki) :
Poli pagi setiap hari Rabu dan Jum'at
Poli sore setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu.
Untuk jam prakteknya, bisa buka websitenya ya karena jamnya beda-beda setiap harinya.
Biaya periksa di sana :



3. RSIA Resti Mulya
kata teman pas dia periksa di sana tahun 2015, biayanya <200.000. Info lebih lanjut bisa search di google :)
 
4. BWCC Jagakarsa, Jakarta Selatan
(udah ada jadwal dokter + harga)
 
 
5. RS Islam Pondok Kopi
kata teman harganya 250.000-an dan dia periksa di sana dengan dr. Khalsa (enak untuk diajak konsultasi).
 
6. Klinik Al-Faiha Medika, Bandung
biayanya : 200.000. Kalo mau daftar, lebih disaranin by phone.
 
Akhirnya, saya dan suami sepakat untuk mencoba di Kehamilan Sehat Duren Sawit. Kemarin sepulang kuliah di Bandung, langsung chaw ke Jakarta untuk USG 4D di sana untuk mengejar jadwal dokter yang perempuan (Kamis jam 15.00-21.00). Berangkat ke sana setelah suami pulang kerja. Pendaftarannya langsung di tempat max jam 20.00 (untuk yang hari Kamis malam). Prakteknya tutup setelah semua pasien habis walau lewat dari jam praktek dokternya, asal udah kedaftar sebelum jam 20.00. Sampai di sana isinya buanyak ibu-ibu hamil (yaaa iyalaaah...) dan saya mendapatkan no antrian 36, yang sudah diperiksa udah sampai no 25. Sembari nunggu, bumil akan di ukur dulu tekanan darahnya, berat badan, dan diminta KTP-nya sebagai data untuk mereka input di komputer.
Tibalah giliran saya untuk diperiksa. Ruang periksanya cuma ada 1 buah dengan dilengkapi layar TV LCD besar khusus untuk pasien agar bisa menikmati rupa si debay. Letak layarnya menempel di dinding dekat ujung kaki bumil ketika tidur di atas kasur pemeriksaan. Saya jadi deg-deg-an dan penasaran bentuk rupa debay karena belum pernah liat secara jelas bentuk debay selama 8 bulan ini dan pengalaman pertama di USG 4D.
Taraaaa hasilnya seperti ini :
(like father llike son)
 
Kata dokternya si dedek lagi tidur dan manyun, mungkin belum dikasih makan. Dalam hati : "bukan manyun dok, itu emang penampakan wajah suami kalo lagi tidur". Hahaha...
MasyaAllah ternyata si baby boy COPY PASTE dari pak suami (emaknya dapat di bagian apanya nih?). Semoga kebagian di matanya (sipit).
Setelah keluar dari ruang pemeriksaan, saya melakukan pembayaran dan menunggu hasil print-out USG. Yang didapat yaitu medical record, print-out USG hitam putih 2 buah (ukuran kertas kecil), print-out USG berwarna 1 buah (ukuran kertas foto A4). Sayang, ga dapat CD untuk soft file nya.
Tak apa-apa, yang penting kata dokternya dia tidak menemukan kelainan apa-apa di bayi.
- Detak jantung normal
- Air ketuban cukup
- Posisi bayi : kepala udah di bawah
- Berat badan debay juga normal (2,083 kg untuk usia 33 weeks)
 
Review dari saya tentang klnik ini :
1. Bersih, rapih, ber-AC, ada TV di ruang tunggu.
2. Ada mushala di dalam
3. Disediakan air minum dispenser + gelas plastik untuk pasien
4. Toiletnya bersih
5. Pelayanannya enak dan ramah
6. Dokternya juga baik dan ramah
7. Biaya USG 4D juga tergolong murah, hasilnya memuaskan
8. Sukaaa sama layar TV LCD yang disediakan di sana
 
Sekian pengalaman saya melakukan USG 4D. Semoga tulisan ini bermanfaat.
 
*Sehat-sehat terus yaaa debay sayang. InsyaAllah we'll meet in 47 days*

No comments:

Post a Comment