Thursday, June 2, 2016

Perjuangkan yang kamu yakini

Yeaayyy nulis blog lagi. Bismillah...

Alhamdulillah dapat kabar gembira ketika melihat email dari Admission SBM ITB masuk. Awal mulai ngedaftar SBM itb sempat ragu : mampu ga ya? bisa ga ya? Akhirnya aku register online dan baru me-upload beberapa dokumen yang diminta. Lama kelamaan kok rasa malas jadi muncul untuk melengkapi persyaratan-persyaratannya. Ada banyak persyaratan kalo ga salah, dan pada akhirnya jadi lumayan terlupakan tentang sbm itb, sampai akhirnya masuklah email dari Info SBM tanggal 27 April'16 tentang tata cara mendaftar dan di telepon sama bagian SBM-nya untuk segera melengkapi persyaratan. Alhamdulillah jadi lebih mengerti cara mendaftarnya dan cara ikut tes-tes-nya.
Berikut persyaratan-persyaratan yang harus diupload ke web itb :
1. Ijazah S1/D4 dari universitas min akreditasi B
2. Transkrip S1 dari universitas min akreditasi B
3. Surat dokter
4. File bukti biaya pendaftaran SBM ITB
5. Pas foto 4x6
6. Sertifikat TOEFL/IELTS/ITP internasional/ELPT ITB
7. Hasil AAT/GMAT
8. Surat rekomendasi dari 2-3 dosen atau atasan
9. Upload 5 buah file yang harus diunduh dulu sebelumnya di web registrasi
Selain itu dikasih tau juga jadwal tes AAT/GMAT & ELPT. Jadwal tes bisa dilihat di web itb : http://www.sbm.itb.ac.id/mba/seleksi-mahasiswa-proses 
Oh ya, saran nih untuk pembaca yang berminat ikut SBM ITB, aku sarankan untuk datang ke acara "open house ITB" di Bandung atau Jakarta. Banyak info-info yang bermanfaat di acara itu dan bisa bertanya bebas ke dosen-dosennya langsung atau ke mahasiswa tingkat akhir, dan ada alumni nya juga looohhh...
Jadwal open house itb bisa dilihat di web SBM ITB nya langsung http://www.sbm.itb.ac.id/. Jangan malas kepo-in.

Secara singkat, magister SBM ITB ada 3 pilihan :
1) MBA-YP yaitu young professional : Untuk mereka yang lulusan S1 atau fresh graduate yang mau lanjutin ke bisnis manajemen. Outputnya adalah bekerja di perusahaan (mungkin) di bidang strategis bisnis manajemennya. Jadwal kuliah regular : Senin-Jum'at.
2) MBA-YE yaitu young executive : Untuk mereka yang kepingin kuliah sambil bekerja. Harus udah ada work experience nya. Jadwal kuliah di weekend, dari pagi sampai malam. Detailnya Jum'at (18.30-22.00) & Sabtu (08.00-19.00).
3) MBA-CCE yaitu creative and cultural entrepreneurship : Untuk mereka yang mau menjadi pengusaha dan suka berfikir kreatif + berinovasi. Jadi nanti kuliahnya ga hanya dari dosen SBM, tapi ada dari dosen FSRD ITB (ilmu design2 gitu). Kurikulum untuk MBA-CCE bisa dilihat di link ini http://www.sbm.itb.ac.id/id/mba/mba-cce/kurikulum-2

Kalo aku memilih jurusan MBA-CCE. Untuk MBA-CCE ada tambahan tes : interview business plan dengan dosen. Kalo untuk MBA-YP & MBA-YE tesnya cukup AAT/GMAT & ELPT aja.
Hiikkksss...
Latar belakang S1 aku adalah apoteker alias dulu kuliahnya farmasi di UNPAD. Laahh kenapa ambil bisnis manajemen? Hehehe boleh-boleh aja dong, toh masih berhubungan. Bisnis yang sudah aku rancang ga hanya cuma 1, tapi udah ada 3 bisnis untuk kedepannya (1 bisnis udah dilakoni semenjak S1). Bisnis ke-2 dan ke-3 ada hubungannya dengan dunia farmasi dan ke-apoteker-an. Intinya dunia kesehatan. 1 bisnis sebagai sarana hobi dan 2 bisnis yang lainnya sebagai tanggungjawab ilmu yang udah dipelajari selama 5 tahun. Hehehehe...
That's why i choose Master of Administration Business programme. Semoga Allah meridhai dan memudahkan jalannya. Aamiin...
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Serba-serbi TES SBM ITB
1) Tes ELPT
disarankan ikut tes ELPT bagi mereka yang expired sertifikat TOEFL atau IELTS, termasuk aku. Hehehe... Tes nya di ITB Bandung, jam 13.30-16.00 (+/- 2,5 jam). Soalnya ada 150 buah (wuiihh lebih banyak dari tes toefl di luar...), terdiri dari :
- Listening 50 soal : diputarin conversation untuk menjawab 4-5 soal. Jadiiii harus benar-benar konsentrasi ya dan ga boleh ngantuk. Percakapannya lumayan cepat, panjang, dan aksen si bule ngomongnya ga seperti biasanya. Begitulah...
- Fill in the blank 50 soal : terdiri dari auxiliary verb, verb, modals, dll. Menurut aku cukup mudah ngerjainnya. Waktu untuk 1 soal +/- 1 menit.
- Reading 50 soal : menjawab pertanyaan-pertanyaan dari tulisan yang disediakan. Mudah kookkk yang reading ^^
Kalo aku belajar dan latihan dari buku TOEFL karangan Arco.

2) Tes AAT/GMAT
aku belum pernah sama sekali ngerjain soal-soal GMAT seperti apa, dan akhirnya minjam buku latihan GMAT ke kantor mama. Lumayan, gratisan. Kalo GMAT yang sebenarnya (yang aku pelajari) terdiri dari 4 bagian soal yaitu analysis of an argument, integrated reasoning, quantitative, dan verbal.
- Analysis of an argument (1 soal) : Dikasih suatu kasus dan kita menjawab dengan membantah argumen yang tersirat dari kasus yang diberikan. Semuanya dalam bahasa Inggris.
- Integrated reasoning (10 soal) : soal-soalnya berupa data-data dalam bentuk curve, tabel, chart.
- Quantitative (37 soal) : mirip TPA tapi dalam bahasa Inggris.
- Verbal (41 soal) : critical reasoning, reading, dan sentence correction.
Dan..dan..dan... tes AAT dari SBM ITB hanya mengambil quantitative & verbal. Cukup membuat mata berkunang-kunang membaca tulisan dalam bahasa inggris (selama 2 hari : ELPT & AAT/GMAT), mencernanya, dan menentukan pilihan jawaban yang benar. Jam tesnya 08.30-11.45.
(buku latihan GMAT)

Alhamdulillah aku lolos kedua tes tersebut, dan tinggal nunggu jadwal interview business plan aja. Semangat !!!

Konversi ELPT-ITB ke TOEFL
NoELPT – ITBTOEFL (Paper-Based Test)
10310
27310
314317
421327
528350
635377
743397
850417
957433
1064450
1171463
1278480
1385497
1492513
1599523
16106537
17113550
18120563
19128570
20134587
21142600
22149620
23156637
24163650
2517067
*Bocoran : dari seorang teteh (yang lagi pendaftaran juga untuk S3 MSM di SBM ITB) yang ga sengaja kenalan pas membalikkan berkas-berkas pendaftaran, katanya : kuliah di MBA ITB itu ga ada yang pake bahasa Indonesia, apalagi bahasa daerah, jadi kegiatan perkuliahan memakai bahasa Inggris.
Yassalam..... 
Welcome to the world :') . Aku anak kuat (^.^)9

*baru tau setelah aku tinggal menunggu hari tes ELPT & AAT/GMAT.
Sekian, semoga bermanfaat...

Next challenges : menaklukan interview business plan & LPDP.
Hoooooaaaaaa bisa..bisa..bisa...!!!
"You are what you think"

5 comments:

  1. Halo Kak, salam kenal..
    Mau nanya nih Kak. Saya sedang proses daftar MBA ITB YP untuk agustus in-take. Alhamdulillah untuk TOEFL dan TPA sudah memenuhi. Apakah setelah pengiriman berkas dan dinyatakan lolos nanti (Amiinn), ada interview lagi dan FGD business case, Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal :)
      Kalo untuk YP ga ada interview & FGD. Tapi untuk intake agustus ini, ada persyaratan baru lagi. Bisa saya email-in syarat2 barunya. Kirim ke email saya : aoi_adila@yahoo.com dgn subject "syarat MBA YP".
      InsyaAllah segera saya kirim persyaratan barunya :)

      Delete
  2. Hallo kak, aku sedang cari info terkait MBA ITB dan alhamdulilah ketemu blog ini :) yang ditanyakan ketika wawancata Bplan apa saja kak? Dan bolehkah saya lihat Bplan kakak untuk gambaran Bplan itu seperti apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ditanyakan pas wawancara klo ga salah, udah berapa lama bisnisnya berjalan (kalo udah running bisnisnya), omzet, SDM, alasan mau bisnis bidang tsbt, dll. Tapi kalo blm running bisnisnya, akan ditanya ingin bisnis apa dan kenapa?
      Yang ditanya seputar business plan yang ada di attachment web MBA (download aja). Simple Bplan nya.
      Hehe maaf business plan aku udah ga tau disimpan dimana :D

      Delete
  3. kak mau nanya yg tes gmat itu masih ga buat seleksi tahun ini? liat dimana ya kak jadwalnya? saya cari cari ga nemu..
    terus menurut kaka rekomen ambil yang mana cce/yp

    ReplyDelete